Cari apa sih?

Rabu, 03 April 2024

OBAT SAKIT GIGI YANG MINIM EFEK SAMPING DAN PRAKTIS

OBAT SAKIT GIGI YANG MINIM EFEK SAMPING DAN PRAKTIS.

Kalian pernah ngerasain gak sih sakit gigi? Hmm kalau sakit gigi pasti bikin malas beraktifitas ya. Soalnya selalu cenat cenut ngga berhenti rasanya menyedihkan. Ibaratnya tuh mau duduk salah, berbaring salah apalagi sambil beraktifitas. Makan dan minum pun tak enak rasanya akibat gigi yang tak mau berkompromi. Meskipun perut udah keroncongan banget ya karna lapar belum terisi makanan.


source : www.freepik.com

Nah kalau udah sakit gigi tuh bener-bener ngga bisa di diamkan ya. Kalau di diamkan saja pasti sembuhnya akan lama dan mengganggu aktifitas kita. Jangan sampai deh sakit gigi membuat produktifitas menurun. Untuk bisa menjaga agar aktifitas tetap terlaksana dengan baik, maka kita perlu usir sakit gigi. Ada banyak cara untuk menyembuhkan sakit gigi. Salah satunya dengan meminum obat sakit gigi.

Banyak obat yang ada disekitar kita, baik dijual di apotek, toko obat maupun di online store. Kalau dilihat dari lokasi dan waktu, pasti kita memilih untuk membeli di apotek terdekat ya. Hmm ngga bisa bayangin deh kalau gigi udah cenut-cenut eh obatnya masih diperjalanan dan 2 hari baru sampai. Aduuh gawat deh kalau gitu. Faktor terpenting lainnya adalah harga obat. Harga obat dan jumlah obat yang akan dibeli harus seimbang biar aman antara isi dompet juga.

Obat topikal ini ada beberapa bentuk, diantaranya ada yang bentuk salep atau gel. Kita bisa memilih manakah yang lebih mudah dipakai sekaligus praktis dibawa kemana-mana. Lihat pula manfaat dan kelemahan yang ada dari jenis obat tersebut sebagai perbandingan.  Hal lain yang perlu diperhatikan itu obat butiran, salep maupun gel. Karna wajib banget sih nyetok obat sakit gigi apalagi buat kita yang punya riwayat sakit gigi sedari lama.

Dalam segala hal macam obatnya pasti masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. Setiap manusia aja pasti satu paket ada kelebihan dan kekurangan atau kelemahannya. Apalagi ini obat yang notabene cipatan manusia, yang tidak ada seorangpun yanh sempurna 100%. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Sebelum kita mengetahui manfaat obat topikal, kita perlu mengetahui apa arti topikal dahulu. Obat topikal adalah obat yang cara pakainya dioleskan langsung pada permukaan kulit atau selaput lendir. Jadi, pemberian obat secara topikal diartikan sebagai pemberian obat secara lokal dengan cara mengoleskan obat pada permukaan kulit atau mukosa. Pemberian obat topikal diutamakan pada orang yang mengalami kesulitan menelan, gangguan saluran cerna maupun gangguan kontraindikasi.

Pemberian obat yang bisa diberikan pada kulit berupa krim, lotion atau salep. Salep adalah obat topical berbahan dasar hidrokarbon memiliki efek pelarut dengan 80% kandungan minyak, sedikit bahkan tidak ada air dan bertekstur semi padat. Sedangkan obat yang diberikan pada rongga mulut biasanya berupa gel. Gel adalah jenis obat topical yang berbahan dasar air yang bertekstur kental.

MANFAAT PAKAI OBAT TOPIKAL

Kandungan pada obat topikal terdiri dari zat aktif (obat) dan inaktif (vehikulum). Meskipun vehikulum ini inaktif tapi dapat memberikan efek menguntungkan. Diantaranya efek fisik, ptoteksi, membasahi, mendinginkan, mengeringkan dan lubrikasi. Jenis vehikulum ini nantinya yang membantu obat untuk dapat masuk ke dalam kulit. Penggunaan obat topikal atau oral lainnya bermanfaat untuk :

  1. menghilangkan rasa sakit (meredakan nyeri) karna ada metil salisilat dan mentolnya yang membuat sensasi dingin disusul dengan rasa hangat. Akhirnya rasa nyeri bisa teralihkan.
  2. Menutrisi kulit dan mencegah alergi.
  3. Mempunyai daya lekat dan distribusi yang lebih lama yang akan memberikan efek makin bagus untuk proses penyembuhan.
  4. Tidak menghambat pertukaran gas dan produksi keringat.
  5. Meningkatkan hidrasi pada kulit.
  6. Oklusif (tahan terhadap air).
  7. Lebih nyaman karena bentuknya yang gel karena tidak terlihat dan tidak berminyak.

KELEMAHAN PAKAI OBAT TOPIKAL

Obat topikal juga punya kelemahan loh, disamping punya beberapa manfaat. Pada pemakaian obat topikal tidak boleh sembarangan. Jika melebihi dosis pemakaian akan memicu efek negatif dari obat ini. diantaranya ada :

  1. Efek samping berupa kemerahan yang mungkin akan muncul. Tidak menimbulkan sensasi dingin ini karena tidak terevaporasi.
  2. Tidak nyaman digunakan pada cuaca hangat karena akan menimbulkan rasa panas yang semakin panas.
  3. Kekeringan kulit yang berlebihan karena rasa perih.
  4. Pengikisan kulit.
  5. Teksturnya yang lengket pada jenis obat salep.
  6. Penyebarannya minimal.
  7. Tidak sesuai untuk dermatosis eksudatif karena menyebabkan over hidrasi dan maserasi.
  8. Jika ada kandungan alkohol akan menimbulkan rasa perih.
  9. Rentan terhadap kontaminasi (waktu penyimpanan pendek dan membutuhkan penyimpanan yang sesuai).

Melihat dari beberapa kelemahan obat topikal, ada loh jenis obat yang sangat praktis tinggal disemprot aja ke gigi/gusi yang sakit sebanyak 2-3 kali. Nama obat ini adalah Cooling Plus 5, merupakan obat semprot sakit gigi yang pertama. Cooling plus 5 ini cepat meredakan nyeri kurang dari 1 menit aja, ampuh untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi, radang gusi, dan sakit gigi saat tumbuh gigi. Obat ini mengandung Phenol Crystal sebagai antiseptik oral dan benzocaine sebagai anestetik lokal. Cara bekerjanya yaitu lokal di lokasi nyeri dan tidak masuk ke peredaran darah. Jadinya bener-bener meminimalisir efek samping. Obat yang aman dipakai, sakit gigi pergi.


Sumber :

https://unair.ac.id/formulasi-dan-evaluasi-stabilitas-gel-getah-batang-pisang-ambon-sebagai-kandidat-obat-topikal-penyembuhan-luka-rongga-mulut/

https://hellosehat.com/obat-suplemen/jenis-obat-topikal/

https://jurnal.poltekkes-solo.ac.id/index.php/JKK/article/download/301/269#:~:text=Salep%20memiliki%20keuntungan%20yaitu%20tidak,1984%20dalam%20Charunia%2C%202009

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/mana-paling-ampuh-atasi-masalah-kulit-krim-losion-atau-salep

https://mediaindonesia.com/amp/humaniora/437994/empat-pilihan-obat-yang-ampuh-atasi-sakit-gigi

Tidak ada komentar: